Friday, December 1, 2006

Membaca Karakter Orang Lewat Kartu Nama

Tembok di salah satu sudut Via Via Cafe penuh dengan coretan krayon warna-warni. Di permukaan dinding lainnya juga tergantung 27 lukisan dengan media berupa sobekan kertas dari buku tulis. Masih dengan coretan khas anak taman kanak-kanak, Indrayanti (32), sang pelukis, juga menempelkan kartu nama di tengah lukisan.

Sekilas lukisan-lukisan itu memang tak berbeda dengan karya anak taman kanak-kanak. Bahkan, dua anak kecil, Kinanti Cahyaning Ati (9) dan Puti Ilalang Sunyi (6), tertarik untuk meneruskan gambar di dinding tersebut dengan coretan-coretan lain. Antara lukisan Indrayanti dan kedua anak itu tak ada bedanya.

Lukisan di dinding ini mengambil judul Egoisme yang Terbelah bercerita tentang rasa egois yang pasti dimiliki oleh setiap manusia. Tetapi, tiap manusia harus menanggalkan keegoisan tersebut begitu terjun dalam kehidupan masyarakat.

Sedangkan lukisan yang menggunakan bahan dasar kartu nama lebih ditujukan untuk menceritakan karakter dan watak sang pemilik kartu nama. Biasanya sifat dan nasib seseorang bisa dilihat lewat kartu tarot atau bola kristal. Tetapi, Indrayanti mampu menceritakan sifat- sifat orang hanya dengan mengobrol sebentar dan meminta kartu namanya.

Menurut Indrayanti, tiap kartu nama pasti menggambarkan karakter seseorang. Baik dari font, gambar, bentuk, maupun isi kartu nama. Ada pula beberapa lukisan yang tak menggunakan kartu nama tetapi bisa menceritakan karakter tokoh yang digambar.

Lukisan dengan bahan dasar kartu nama pengusaha tembakau, misalnya, dihiasi dengan berbagai coretan daun tembakau. Adapun lukisan kartu nama seorang pengusaha dipenuhi coretan gambar pesawat terbang yang menggambarkan sang pemilik yang suka berpergian. (Sumber : Kompas)

1 comment:

percetakan PRAMESWARI said...

kartu namanya bagus bagus, ini kalo mau buat kartunama murah berkualitas
hanya Rp 25.000/box untuk cetak 1 sisi untuk 2 sisi hanya Rp. 45.000/box
kertasnya bw 250 gr atau art carton 310 gr , untuk laminating doff atau glossy tambah Rp. 10.000/box/sisi silahkan kontak kami percetakanprameswari@gmail.com atau hub ami/cipi 08129148040 ohh ya minimal pemesanan 10 box